Kelas Gratis BRT Network Tempat Belajar SEO on Page

Kelas Gratis BRT Network Edisi Bulan Desember 20201 tempat asyik belajar seo on page

Senang sekali akhirnya saya bisa ikut Kelas Gratis BRT Network di penghujung 2021. Sebenarnya saya pernah mengikuti kelas serupa tahun lalu namun tetap saja saya merasa ilmu yang saya dapatkan masih kurang.

Apalagi setelah melihat DA blog para alumni Kelas BRT yang melejit drastis. Ada yang sudah menyentuh angka 30, 40, bahkan 50. Lha DA blog saya masih naik turun di angka 18, 19, 20, huhu.

Yup, motivasi awal saya ikut kelas gratis yang diadakan oleh BRT Network ini karena pengen menaikkan DA. 

Pengennya sih bisa mengikuti jejak para alumni Kelas BRT yang DAnya sudah mencapai skor di atas 30-an.

Eh tapi setelah masuk di kelasnya dan menerima beberapa materi, motivasi saya berubah. Bukan lagi karena DA tapi murni karena saya ingin membangun blog saya dengan baik.

Sekilas Tentang Kelas Gratis BRT Network

Sesuai namanya, Kelas Gratis BRT Netwok adalah kelas yang diadakan oleh BRT Network secara cuma-cuma alias tanpa bayar. 

Kelas BRT yang berlangsung selama bulan Desember 2021 ini dimentori oleh Kak Monica, Kak Pewe, Kak Priyo, Kak Zen, Kak Gilang dan Kak Marita.

Kelas seperti ini rutin diadakan oleh BRT sejak tahun 2020 dan telah menghasilkan banyak alumni. 

Saya sendiri masuk angkatan pertama, hanya saja waktu itu namanya masih Kelas Naikin DA.

Mungkin ada yang bertanya-tanya apa itu BRT Network? Apa itu sebuah komunitas blogger?

Oh, bukan. BRT Network bukan komunitas, tetapi lebih tepatnya merupakan arena bermain dan belajar blogger Indonesia, sekaligus menjadi tempat para blogger menunggu job.

BRT sendiri merupakan singkatan dari Blogger Ruang Tunggu. Jadi memang ada historinya nih kenapa dinamakan Blogger Ruang Tunggu.  

Berawal dari sebuah WhatsApp grup yang dibuat Kak Monica dan timnya untuk para blogger yang sedang ikut salah satu campaign yang mereka tangani. Campaign tersebut baru berakhir setelah fee cair. 

Jadi, selama belum ada pembayaran, para blogger yang ikut campaign disuruh duduk manis alias menunggu dulu di Grup Ruang Tunggu.

Nah, sementara masih dalam masa menunggu itu tiba-tiba ada yang inisiatif ngajak mutualan di twitter dengan menggunakan hastag #bloggerruangtunggu.

Eh tak disangka, hastag tersebut jadi trending topic di twitter saat itu. Sampai-sampai blogger yang di luar grup pun rame-rame ikut membuat cuitan dengan menggunakan hastag tersebut.

Nah, setelah viralnya hastag #bloggerrungtunggu di twitter baru muncul ide membuat Grup Blogger Ruang Tunggu (BRT), tidak lama kemudian, terbentuklah yang namanya BRT Nertwork.

Suasana BRT Class December 2021

Berhubung saya sudah pernah ikut kelas yang dimentori oleh teknisinya Kak Monica eh siapa lagi kalau bukan Kak Punto Wicaksono aka Pewe sehingga saya bisa sedikit menerawang terkait materi yang akan diberikan.

Yang tidak bisa saya terawang sama sekali itu suasana kelasnya. Ini juga yang bikin saya penasaran. 

Soalnya kalau saya baca blogpost seputar pengalaman teman-teman yang ikut Kelas BRT angkatan 2, 3 dan seterusnya itu kelihatan seram banget. 

Kelas baru berjalan eh sudah banyak yang kena kick. Waktu angkatan saya dulu sih kelas masih berjalan dengan santuy. Nah, konon, kelas-kelas selanjutnya itu sudah nggak ada lagi peserta yang dimanja.

Makanya saya penasaran dengan kelas BRT yang sekarang, apakah sebegitu sulit dan menegangkan?

Nah, ternyata suasana kelas yang saya rasakan setelah masuk di kelas Gratis BRT tidak seram kok, malah seru tapi tetap ada sensasi menegangkan dan bikin kepala mumet juga, hehe.

Setidaknya itu yang saya rasakan selama sepekan berada di kelas ini. Namun percayalah, kalau ada cerita peserta kelas BRT yang sampai nangis, tidak bisa tidur bahkan harus ditemani koyo dan panadol itu memang benar adanya.

Kenapa? Kok bisa gitu? Nanti saya ceritakan di bawah. Jangan di-skip ya.

Saat saya menulis postingan ini, kelas Gratis BRT edisi akhir tahun 2021 baru berjalan sepekan dan sudah ada peserta yang kena kick, ada juga yang memutuskan mundur.

Beberapa mundur karena blognya tidak bisa diakses akibat terdampak kebakaran data center Rumah Web, beberapa yang lain mundur dengan alasan sibuk dan keadaan yang tidak memungkinkan untuk lanjut.

Alhasil dari jumlah peserta yang diawal kelas hampir mencapai angka 100 kini hanya tersisa 72 peserta yang bertahan. Duh, kira-kira saya bisa bertahan hingga kelas selesai nggak ya?

Belajar SEO on Page di Kelas BRT Network

Sejauh ini sudah ada 4 materi yang disampaikan oleh para Coach dan semuanya tentang SEO on Page. Kalau saya lihat di jadwal, ke depannya yang dipelajari juga masih berkaitan dengan optimasi dari dalam blog.

Yap, kalau kita bicara SEO on Page berarti itu tentang isi blog secara keseluruhan. Bukan hanya artikel melainkan template atau theme yang digunakan juga harus SEO friendly.

Mengedit template agar SEO Friendly

Materi pertama di kelas BRT disampaikan lewat Zoom oleh Kak Priyo, didampingi oleh tiga Coach lainnya yaitu Kak Zen, Kak Gilang dan Kak Marita.

Dari tiga materi yang sudah diberikan menurut saya ini materi yang bikin kepala saya sempat puyeng. Soalnya materinya langsung praktik.

Mana harus menggunakan laptop karena tool yang digunakan nggak bisa diakses lewat hape. Masalahnya, laptop saya kalau dipake lalodnya minta ampun.

Masalahnya lagi materi ini disampaikan di malam hari, di jam yang bertepatan dengan waktunya saya dan suami menidurkan anak-anak.

Tapi gimana mau menidurkan anak-anak kalau kami berdua sementara ikut kelas ini? Mana anak-anak pada rewel lagi.

Saya juga nggak bisa membiarkan suami menyimak materi ini sendirian karena dia masih sangat pemula. 

Kebayang nggak gimana mumetnya saya malam itu?
 
Alhasil walau berhasil mengikuti meet sampai selesai, saya nggak bisa fokus mendengar penjelasan Coach.

Keesokan paginya baru deh saya kejar ketertinggalan dengan menyimak pembahasan di WhatsApp Grup. 

Perlahan saya mulai praktik materi yang disampaikan semalam. Syukurnya meski lalod tapi laptop jadul saya masih bisa digunakan, meski membutuhkan kesabaran tingkat tinggi untuk mengaksesnya, hehe.

Jadi materi perdana itu kami disuruh menambahkan ekstension Meta SEO Inspector di chrome.

Gunanya tools ini adalah untuk mengecek apakah tempalate yang kita gunakan strukturnya sudah benar atau belum? sudah SEO friendly atau sebaliknya?

Belajar Seo on Page di kelas BRT Network
Pas dicek, eng ing eng ternyata blog saya juga nggak lepas dari tanda warning. Deskripsinya tidak ada, opengraphnya juga masih banyak yang missing. Image dan anchor text juga masih jadi PR.

Syukurnya tempate yang saya gunakan strukturnya sudah bagus sehingga idak banyak yang perlu saya oprek

Oh ya sebelumnya saya memang sudah sering berkutat dengan kode-kode html jadi nggak terlalu pusing dengan materi ini. Tapi bagaimana dengan yang belum pernah bersentuhan sama sekali?

Serius, belajar coding memang tidak mudah Bisa bikin kepala pusing tujuh keliling. Makanya ada peserta yang sampai tidak bisa tidur, nangis di pojokon bahkan sampai harus siapin koyo dan panadol ya karena materi ini .

kelas BRT belajar Seo on Page pake SEO Meta Inspector
Meski demikian, percaya deh, kamu juga pasti bakal hepi banget kalau mendapati hasil blog kamu di SEO Meta Inspector jadi hijau-hijau bening kayak gini karena usaha sendiri. 

Parameter SEO in Page ala Kelas Gratis BRT Network

belajar GA dan GSC di kelas BRT
Materi SEO on Page selanjutnya disampaikan oleh Kak Punto Wicaksono yang lebih akrab dipanggil Kak Pewe adalah terkait dengan penulisan artikel yang SEO Friendly.

Sebelum memulai materinya Kak Pewe memberikan disclaimer, SEO itu debateable, baik on page maupun off page.

Jadi parameter SEO On page yang beliau bawakan di kelas ini adalah sesuai dengan pengalaman beliau, bukan sebagai patokan tetapi hanya sekadar masukan.

Beliau juga menjelaskan bahwa secara garis besar SEO On Page adalah teknik optimasi dari dalam blog. 

Karena ada banyak sekali faktor yang mempengaruhi sehingga optimasi blog yang beliau lakukan dengan blog Coach Priyo belum tentu sama. 

Begitu pula dengan optimasi blog yang dilakukan  Coach Marita⁩ belum tentu sama dengan optimasi Coach Zen terhadap blognya.

Belajar parameter seo on page di kelas gratis blogger ruang tunggu

Selanjutnya ada 18 paremater SEO on Page yang disampaikan Kak Pewe, mulai dari batas maksimal jumlah keyword di judul hingga besar maksimal file image yang digunakan.

Materi ini juga pernah saya dapatkan di Kelas Naikin DA dulu. Waktu itu juga yang bawakan Kak Pewe cuma saya bandingkan dengan materi SEO on Page yang beliau terapkan saat ini ada sedikit perubahan.

Salah satu perubahannya itu terletak pada panjang artikel. Kalau dulu maksimal 600 kata, sekarang yang disarankan Kak Pewe adalah melebih jumlah artikel kompetitor.

Misalkan rata-rata kompetitor menulis artikel sebanyak 750 kata maka panjang artikel yang kita buat jangan sampai kurang dari 750 kata, akan lebih bagus jika lebih dari jumlah kata yang ditulis kompetitor.

Selain itu, kalau menulis artikel, paragrafnya jangan panjang. Dalam 1 paragraf cukup 1 atau 4 baris saja. Tujuannya agar redeable atau keterbacann baik.

Kak Pewe juga menyarankan untuk membiasakan ada kesimpulan (H2) di akhir tulisan karena sudah banyak praktisi SEO yang menerapkan ini pada artikel dan berhasil menempati peringkat atas di halaman mesin pencari.

Sekali lagi, materi parameter SEO on page yang disampaikan Kak Pewe hanga sebatas saran ya, tidak harus menjadi patokan, tetapi setidaknya bisa menjadi acuan bagi kita yang menulis artikel SEO friendly, terutama yang masih pemula.

Google Analytics dan Google Search Console

BRT Class December, Kelas Gratis Belajar pasang Google Analytics dan Google Search Console

Belajar SEO on Page tentu tidak lepas dari kedua tools ini, Google Analytics (GA) dan Google Search Console (GSC).

Oh ya sebelum lanjut saya pengen informasikan dulu nih, blog yang saya daftarkan di kelas gratis ini adalah second blog saya, jadi bukan blog utama.

Di blog utama mah saya sudah lama pasang GA dan GSC. Saking lamanya saya sampai lupa cara pasangnya lagi, upst.

Nah, di blog kedua ini belum eh sebenarnya saya kemarin-kemarin sudah coba pasang tapi ternyata proses pasangnya keliru. Pantesan saja nggak ada data yang masuk.

Setelah membaca baik-baik materi GA dan GSC yang dibawakan oleh Kak Priyo baru saya temukan kekeliruan saya dan akhirnya yaay di blog ini berhasil terpasang kedua tools penting ini.

Kata Kak Priyo sebagai blogger kita sebaiknya mengenal GA dan GSC, dua tools ini gratis dan bisa dipake untuk analisis performa web kita. 

GA dipake untuk mengukur performa blog terhadap user, sedangkan GSC mengukur performa blog terhadap search engine Google

Terkait materi ini kalau ada kesempatan nanti pengen saya buat blogpostnya tersendiri (In syaa Allah).

Kesan Mengikuti Kelas Gratis SEO on Page

Menurut saya ini kelas paling berkesan yang saya ikuti. Soalnya perdana lho saya ikut kelas bareng suami yang baru belajar jadi blogger.

Belum genap sebulan suami punya blog dengan domain sendiri. Entah kesambet apa doi sampai pengen ikut jejak istrinya jadi blogger.

Nah, karena lihat semangatnya mau ngeblog dan mumpung terbuka pendaftaran Kelas Gratis BRT Network ya sudah saya langsung nyemplungin dia saja sekaligus, haha. 

Jujur, ini juga jadi tantangan banget sih buat saya, karena suami benar-benar pemula banget dalam dunia blog. Jangankan materi,  istilah-istilah dalam dunia blogging juga masih banyak yang dia belum paham.

Untung semangat belajarnya kuat dan dia juga bukan tipe orang yang suka 'disuapi' so far progressnya sejauh ini bagus dan alhamdulillaah juga masih bertahan di kelas.

Kelas Gratis ini juga semakin berkesan karena mempertemukan saya dengan blogger-blogger baru eh maksud saya dari sekian banyak blogger yang ikut kelas ini ternyata masih banyak yang belum saya kenal. 

Ada juga yang sebenarnya sudah kenal, namun kenalnya baru sebatas nama, kayak Mbak Suria Echa. 

Saya sudah sering ketemu pemilik blog echaimutenan.com ini di beberapa grup BW dan grup job tapi ya baru saling sapanya pas ikut kelas ini.

Ternyata orangnya kocak, ramah pula. Kami juga empat curcol tentang kesan ikut kelas ini. Even baru sepekan tapi beneran sudah banyak kesan yang didapatkan.

Mbak Echa cerita kalau dia sudah lama tidak utak atik blog dan rasanya blognya jadi kurang optimal. 

Itu sebabnya ketika dapat info ada pendaftaran Kelas Gratis BRT dia langsung termotivasi buat ikutan.
"Biar search engine sayang sama blog saya"  begitu katanya, hehe.

Menurut Mbak Echa tantangan terberat selama ikut kelas adalah coding. Ibu dari tiga anak ini mengaku kurang pintar bermain coding  karena selama ini cuma belajar cara otodidak. 

Meski demikian blogger yang traffic blognya sudah mencapai ribuan per hari ini mengaku suka bermain coding, utak-atik html yang walau susah tapi dengan senang hati mau dia lakukan demi kesehatan blog.

Mbak Echa juga mengaku senang dengan materi yang diberikan karena baru awal utak atik saja dah berhasil naikin PV blognya lagi,
"Saya yakin abis kelas beres blog di tahun 2022 bakal moncer. bismillah"
Maka tiak heran, saat saya tanya seberapa yakin lulus kelas ini. Mbak Echa dengan optimisnya menjawab 100 persen. 50 persen praktek dan 50% kemauan.

Waah, semangat dan optimisme Mbak Echa patut ditiru nih.

Di kelas BRT ini saya juga dapat kenalan baru, namanya Mbak Naqiibatin Nadliriyah yang akrab dipanggil Naqi.

Saya juga sempat kepo nih dan bertanya soal kesan Mbak Naqi di Kelas BRT.
"Deg-degan parah. Tugas dan materi yang datangnya sekaligus dengan deadline mepet membuat adrenalin berpacu makin cepat"😂
Pemilik blog naqiibah.com ini mengaku kalau dia baru nyemplung di dunia blog. Walau sebenarnya sudah punya blog sejak 2012 lalu tapi dia baru tergerak menghidupkan kembali blognya saat ikut kelas blog pemula di pertengahan tahun ini. 

Saat itulah blogger yang sementara masih menempuh kuliah di ITS Surabaya ini tahu kalau dalam blog ada indikator DA/PA Blog.
Jadi saat tahu ada kelas blog yang bisa dongkrak DA/PA saya langsung tertari ikut, hehe
Sama seperti Mbak Echa, Mbak Naqi juga merasa ngoprek HTML atau yang berkaitan dengan codingan yang menjadi tantangan terberat di kelas BRT.

Dia sendiri lebih tertarik dengan materi Parameter SEO on Page.
Memang bener kata Coach Pewe, banyak jalan menuju page 1 Google. Dari 18 parameter yang dijelaskan aku merasa semangat untuk mencobanya. 
Selain itu Mbak Naqi juga cerita kalau awalnya dia yakin 100% pasti bisa lulus kelas ini.  Tapi makin kesini ternyata materi blogging yang diberikan makin dalam sehingga makin banyak juga yang ternyat dia belum tahu. Alhasil yakinnya berkurang jadi 75%.

Namun blogger penyuka warna biru sama dengan saya (hehe) ini tetap optimis bisa lulus.

Untuk itu usaha yang dia lakukan sejauh ini agar bisa bertahan di grup adalah, setiap buka grup, wajib kasih bintang chat yg penting atau di-forward ke nomor pribadi sebagai catatan diri sendiri.
Di tengah kesibukan akhir tahun yang makin tiada kelihatan ujungnya, hampir merasa nyerah. Tapi kalau melihat semangat teman2 yang lain rasanya jadi malu kalau sampai nyerah. Jadi, bismillah lagi, bismillah terus. Tetap semangat mencari ilmu. Yok bisa sampe lulus, yokk
Semangat dari Mbak Naqi ini juga patut diancungi jempol. Yuk bisa yuukk.

Salut juga dengan para Coach yang dengan sabar mau membantu dan mengarahkan kami dengan seabreg masalah blog masing-masing.

Nah, kalau ditanya siapa Coach favorit, sebenarnya semua sih, kalau diminta sebutkan satu saja maka saya akan menyebutkan Coach Priyo karena berkat  materi yang beliau sampaikan saya akhirnya berhasil pasang GA dan GSC.

Kesimpulan 

Demikian ulasan saya mengenai Kelas Gratis BRT Network yang saya ikuti selama sepekan ini. Sangat seru dan menantang. 

Ilmu yang diberikan juga semua daging banget. Jadi merasa bersyukur bisa ikut kelas gratis rasa premium ini. 

Untuk itu saya ingin ucapin terima kasih buat para Coach yang sudah beri  kesempatan saya belajar SEO on Page di kelas ini.

Besar harapan saya bisa bertahan di Kelas Gratis BRT Network hingga akhir. Semoga saja ya. Mohon doanya semua.

Salam,


Next Post Previous Post
55 Comments
  • Kyndaerim
    Kyndaerim 12 Desember 2021 08.24

    Keren nih BRT, dibimbing sama coach terbaik di dunia perbloggingan pula.

    Semangat terus ya, Mbak Sis.

  • Triyatni A.
    Triyatni A. 12 Desember 2021 08.25

    Ah serunya 🤩 Dulu yang kelas2 awal BRT Network udah beberapa kali daftar tapi belum dilolosin huhu. Emang syaratnya harus blog2 masih DA kecil sih duli. Sekarang syaratnya gimana?

    Enaknya belajar kayak kelas gini bikin jadi tertantang dan terarah. Beda kalau belajar sendiri 🤭

  • Shafira Adlina
    Shafira Adlina 12 Desember 2021 08.29

    wah kelas naikin DA aku sempet denger dari beberaapa blogger, ternyata jadi BRT network ya. wah mudah-mudahan aku bisa gabung deh di next kesempatann..infonya kutunggu mbak siska. Mbak siska semangat semoga berrtahan sampai akhir

  • hani
    hani 12 Desember 2021 08.36

    Wah...baca artikelnya mb Siska jadi ikutan belajar deh. Tools-nya mau install juga deh, biar bisa cek blog sendiri. Asyik sekali, suami pun ikutan bikin blog. Bisa saling mengisi tuh, beda niche. Semangaat...

  • sarrahgita
    sarrahgita 12 Desember 2021 08.53

    Hihi aku di kelas yang sama bareng mba Siska dua kali brati ya..cuma bedanya di kelas kedua aku kena kick alias tereliminasi haha. Aku lagi kurang fokus nih huhu. Semangat mba Siska semoga mba Siska bisa terus bertahan di kelas ini ya dan kutunggu oleh2 ilmunya di blog ini :)

  • Andina
    Andina 12 Desember 2021 08.57

    Saya yakin kelas BRT network berguna sekali, tapi sepertinya kondisinya belum mungkin ikut nih. Masih ditempeli bocah dan harus siaga di rumah. Alhamdulillah ya mba dapat ilmu baru

  • Santi Suhermina
    Santi Suhermina 12 Desember 2021 09.03

    Keren nih harus pintar bagi waktu ya mbak. Soalnya kelasnya gak bisa disambi2. Semoga lolos sampe akhir

  • Maulinda sari
    Maulinda sari 12 Desember 2021 11.14

    Seru banget ternyata, sayangnya kemarin nggak bisa ikutan, semoga ada kesempatan lain waktu.

  • SW Project | Lilpjourney
    SW Project | Lilpjourney 12 Desember 2021 17.30

    Waaah seru ya kak kelasnya
    Saya dulu belajar SEO pertama kali ya di BRT
    SEMANGAAAAAT KAK!!!

  • dessy achieriny
    dessy achieriny 12 Desember 2021 20.30

    Jadi tambah belajar banyak di postingan ini mbak. Aku sampe ss dan save beberapa parameter seo on page-nya ❤️🙏

  • Okti Li
    Okti Li 12 Desember 2021 21.53

    Seru nih acaranya. Saya ikutan menyerap ilmunya juga ya
    Saya ga bisa ikutan kelas ini soalnya blog saya cuma satu sih hehehe...
    Senang ya bisa ketemu virtual sama Echa. Saya sering ketemu di acara blogger Kompasiana sewaktu masih lajang. Setelah berkeluarga apalagi kini Echa pulang kampung, jadi tidak pernah ketemu lagi...

  • Mechta
    Mechta 12 Desember 2021 22.24

    Kelas keren dg coach yg keren-keren drngan mayeri super keren.. aduuuh..jadi infin ikutan juga.. Tapi..sanggup gak ya? sepertinya cukup berat bagiku..hihi..

  • umimami
    umimami 12 Desember 2021 22.45

    jadi inget masa lalu, hihi, duu blog saya da nya malah sempet turun parah mba siska, harus mulai rapihin blog lagi nih biar cantik luar dalam ^_^

  • Farida Pane
    Farida Pane 13 Desember 2021 06.39

    squid game ala bloger, nih. ga perform langsung eliminasi, ya. iming2 hasilnya emang menjanjikan banget sih, ya. semangat!

  • Dw
    Dw 13 Desember 2021 10.12

    Pantesan DA saya ga naik kelas orang nulis paragraf aja belum bener huu thx u sudah sharing ya mba

  • Sera Wicaksono
    Sera Wicaksono 13 Desember 2021 10.20

    Saya alumni angkatan 2, dan memang bener lebih ketat sih katanya. Ya mungkin tujuannya biar peserta beneran fokus buat naikin DA, Alhamdulillah DA saya naik banyak waktu itu.

    Dan materi SEO yg saya dapat juga berguna banget buat peningkatan kualitas blog saya. Hehe.

  • Pipit ZL ceritaoryza.com
    Pipit ZL ceritaoryza.com 13 Desember 2021 10.53

    Fix! Pengen ikutan! Gimana sih caranya kk? Saya kan nyubi, jadi butuh belajar banyak

  • Ghina Rahmatika
    Ghina Rahmatika 13 Desember 2021 11.03

    Meski seram tapi aku merasa disiplin sekali, dan ilmunya padat ya mbak. Beruntungnya mba siska bisa ikutan kelas mas pewe cs

  • arigetas.com
    arigetas.com 13 Desember 2021 11.44

    Wah advance banget nih kak Siska udah bisa ngedit template blog ... semoga bisa makin berkembang dan sharing2 ya kak.

  • Ainun
    Ainun 13 Desember 2021 11.52

    Aku dulu ikutan kelasnya mas pewe dan mbak Moniq motivasinya ingin naikin DA juga mba
    Dan materi lain soal SEO nya woww amazing. Dan beneran itu, aku sampe malem ga tidur dan berhari-hari pula hahaha
    Waktu itu aku ikutan kelas yang berbayar. Jadi kudu semangattttt

  • Han
    Han 13 Desember 2021 11.56

    Mantapp jadi keinget dlu juga ikutan kelas ini, tapi namanya masih 30 hari menaikkan DA. Sukses yaa mba siska

  • Waode1453
    Waode1453 13 Desember 2021 12.16

    DA alumninya luar biasa yaaaa... Melambung tinggi. Bikin mupeng diriku yang newbie di dunia blog. Materi-materi nya daging semua. Berharap ada next class dn aku bisa ikut.

  • rhehanluvly
    rhehanluvly 13 Desember 2021 12.58

    Semangat belajarnya kak! Aku alumni kelas Juni jadi paham banyak hal seputar blogging yang sebelumnya nggak aku tau. Mau ikutan kelas Desember lagi repot sama kerjaan. Moga jodoh next class

  • Nurul Fitri Fatkhani
    Nurul Fitri Fatkhani 13 Desember 2021 14.43

    Materi Mas Zen memang bikin melongo ya, Mbak hihihi. Keren banget coach Zen, ngulik html yang bikin kepala saya jadi puyeng :)

  • Dennise Sihombing
    Dennise Sihombing 13 Desember 2021 20.00

    Beruntung ya kak mendapat ilmu dalam dunia blogging dari para expert. Blogku masih banyak yang harus dibenahi agar menarik untuk dibaca

  • Dee_Arif
    Dee_Arif 13 Desember 2021 20.06

    wahh senangnya bisa ikutan kelas gratis dari BRT NETWORK ini
    Ilmunya pasti recommended ya mbak
    Bantu optimasi blog pastinya

  • Shinta Shyntako
    Shinta Shyntako 13 Desember 2021 21.44

    wah seru plus ngeri-ngeri sedaaap yaa ikut kelas BRT network, tapi memang bagus untuk blogger yang mau upgrade diri sih yaaa

  • Reyne Raea
    Reyne Raea 13 Desember 2021 22.22

    Keren banget sih say :)
    Sejujurnya, saya tuh masih penasaran minta ampun sama masalah blog yang dibuat seringan mungkin, saya berpikir mengapa ya website besar yang selalu ada di page one itu, bisa ada di page one, sementara kita semua tahu kan, betapa lemoootnyaaaahh kalau buka tuh web, hahaha.

    Penasaran aja, mereka tuh pakai apa ya?

    Btw pendapat setiap coach itu beda-beda ya, saya pernah baca tulisan seorang yang konon juga master SEO, judul itu 60 karakter, hehehe.

    Anyway, semangat ya sampai akhir kelas, pengen ikutan juga, tapi belum berani atur waktunya :D

  • Maria G Soemitro
    Maria G Soemitro 13 Desember 2021 23.08

    ngiriiii....
    pingin banget ikutan Kelas Gratis BRT Network
    pernah daftar tapi gak lolos
    sedih banget

  • nabilla - bundabiya.com
    nabilla - bundabiya.com 13 Desember 2021 23.32

    keren banget deh mbaa.. aku gak kebagian kelas bombastis ini. semoga aja batch selanjutnya bisa jadi rezekikuu.. ingin juga belajar soal seo terutama, karena masih banyak hal2 yang belum aku ketahui

  • lendyagassi
    lendyagassi 14 Desember 2021 00.07

    Kak Siska, aku mau tanya donk..
    Rata-rata blognya kan dibedah abis-abisan yaa...di kelas BRT. Dari mulai ganti template sampai belajar SEO.

    Ada efeknya gak..kak Siska, kalau blognya dipasang anti-copas?
    Soalnya aku lihat beberapa teman yang belajar di BRT, sejak ganti template, anti-copasnya pada di lepas. Apakah ada kaitannya dengan keterbacaan di mata mesin pencari atau gimana?

    Terima kasih.

  • Indah Nuria Savitri
    Indah Nuria Savitri 14 Desember 2021 01.51

    BRT Network yaa mba... kebayang nih bakal banyak ilmu yang bisa didapat di sini yaaa

  • Yuni Handono
    Yuni Handono 14 Desember 2021 02.58

    Kereen BRT Network, meski kelasnya gratis tapi materinya daging semua. Semua muridnya bisa diacungin jempol. Pasti DA/PA nya bakal naik setelah lulus dari kelas. Bahkan, performa blog makin bagus, artikel jadi cepat terindex di google.

  • Farida Pane
    Farida Pane 14 Desember 2021 03.31

    Ajaib banget ya kelas ini. Moga dirimu lulus sampai akhir dan kepakai terus ilmunya

  • Sri Widiyastuti
    Sri Widiyastuti 14 Desember 2021 04.42

    Keren emang kelas BRT ini mbak. Aku pernah ikutan, dan di pertemuan ke-2 apa ya, aku kena kick hehe karena salah persepsi aja, salah baca instruksi. sayang juga sih, karena saya pengen terus di kelas itu. Cuma memang waktu itu aku lagi nyelesein tesis, jadi gak fokus. semoga kelak bisa ikutan lagi

  • Iva C Wicha
    Iva C Wicha 14 Desember 2021 05.57

    baru tau aku mba klo alumni sebelumnya bsa melejit gitu DA nya, pantes di singgung terus sama mba monica.
    smoga bisa lulus bareng ya kita mba

  • Rani Yulianty
    Rani Yulianty 14 Desember 2021 05.57

    Akhir tahun belajar SEO dan naikin DA, wah bisa jadi untuk persiapan menyambut awal tahun nih, blognya mba Siska makin keren deh, sukses selalu ya untuk mba Siska dan BRT Network yang berbagi ilmu ngeblog di kelas gratis

  • Nurul afiati
    Nurul afiati 14 Desember 2021 07.15

    BRT ini kelas wajib buat blogger. Mesti merasakan sensasi belajar disini. Btw, aku suka mba ilustrasi dan infografiknya keren dan menarik.

  • Rania Fardyani
    Rania Fardyani 14 Desember 2021 07.21

    Saya yang termasuk butuh panadol (tolak angin) karena masuk angin gegara begadang ngoprek blog, hahaha

    Ternyata mba siska pernah ikutan kelas Naikin DA juga ya? Sama dooong...

    Bismillah ya, semoga abis ikut kelas ini blog kita makin moncerrrr!

  • Moch.nFerry
    Moch.nFerry 14 Desember 2021 08.19

    Kelas BRT bermanfaat untukndevelopment blogging ke depannya, mentornya kelas BRT bisa mendorong blog menjadi lebih baik

  • Nyi Penengah
    Nyi Penengah 14 Desember 2021 08.26

    Barokallah mba Siska ya, bisa dapet kelas gratis yang ngak boleh di sia-siain
    keren suaminya mau ngikutin jadi blogger juga dan mau belajar. Sukses ya mba.

  • Bunsal
    Bunsal 14 Desember 2021 08.27

    Bookmark post ini ah. Banyak contekan keren buat ngejadiin blog semakin berkualitas.
    Cuzzz berangkat.ngebookmark

  • Fenni Bungsu
    Fenni Bungsu 14 Desember 2021 09.34

    Jadi ikut merasakan ketegangannya tapi bikin penasaran untuk terus mengikuti ya.. karena belajar blog ini memang kudu terus dilakukan

  • Mutia Ramadhani
    Mutia Ramadhani 14 Desember 2021 09.57

    Rame banget anak-anak BRT abis pelatihan. Membaca banyak pengalaman kawan-kawan saat mengikuti kelas, kok rasanya ikutan seru sama kalian.

  • Diah Alsa
    Diah Alsa 14 Desember 2021 11.04

    seruuu ya belajarnya bareng Suami, sekelompok pula, pusingnya betul-betul berjamaah ini mah, hihih.
    ehyaa gantian lho, sekarang saya yang sekelompok dengan Mbak Echa :D
    kelas gratis BRT Network ini memang betul-betul komplit, kita jadi belajar luar dalamnyaa ngeblog :)

  • iidyanie
    iidyanie 14 Desember 2021 11.40

    Materi2 di kelas blogger BRT Network ini benar2 daging ya mba, bersyukur bisa gabung di kelas ini, cuman ya itu kelas coding gambar mantap banget pusingnya hehe

  • Zakia Widayanti
    Zakia Widayanti 14 Desember 2021 14.19

    DA-ku malah baru 9 mba heheh
    Belum menyentuk dua digit.
    Ikut kelas ini emang serasa ikut kelas premium si, padahal gratis tapi materinya tuh nggak abal-abal gitu loh.

  • Rach Alida Bahaweres
    Rach Alida Bahaweres 14 Desember 2021 14.41

    Ya ampun jadi sedih sekali pas tahu ada teman blogger yang blognya nggak bisa diakses karena kebakaran dan jadinya mundur ikut kegiatan keren segini. Kelasnya bagus sekali mbaa

  • Bundamami Devi
    Bundamami Devi 14 Desember 2021 15.05

    Semoga kita bisa lulus bareng dan sukses membangun blog menjadi lebih baik ya, Mbak. Meski harus begadang dulu melototin kode html, rasanya sepadan jika setelah kelas ini blog kita jadi makin mantap optimasi trafiknya.

  • Dani Ristyawati
    Dani Ristyawati 14 Desember 2021 15.40

    Wah makin banyak aja nih yang ikut kelas SEO dari BRT, bentar lagi blogger Indonesia jadi mastah-mastah blogger yang mumpuni nih...

  • Zulmi
    Zulmi 14 Desember 2021 16.17

    Wah,,mba siska senior di kelas BRT ya,,
    seneng ya mba liat yang ijo-ijo,,hehe
    Kelas gratis tapi ilmunya TOP banget,,
    Plus pendmapingan coach ahli langsung..
    Semoga setelah lulus performa blog makin baik ya mba

  • Wahid Priyono
    Wahid Priyono 14 Desember 2021 19.59

    Kelas SEO BRT ini bagus untuk upgrade skill ngeblog, jadi pengen ikutan dan pastinya dapet pengalaman banyak ya kak karena sudah mau berkomunitas.

  • Annisa Tang
    Annisa Tang 15 Desember 2021 03.26

    Wah, angkatan pertama dulu ada kelas naikkin DA ya? Mau ikutan juga dong Mbak kalau ada kelas buat naikkin DA lagi, hehehe.

  • Muhammad Patintingan
    Muhammad Patintingan 16 Desember 2021 10.42

    Ikut kelas ini sangat cocok buat Emak-Emak yang doyan nulis yaa Bunda Blogger. Bisa jadi active income malah.. Hhe.
    Semangat yaa Bun, tetap jaga kesehatan.

  • Seftinaqurnia
    Seftinaqurnia 30 Desember 2021 14.06

    Kelas BRT ini rmang keren banget mba sis daging banget isinya

Add Comment
comment url