7 Tips Membuat Blog Gaming yang Sukses

Tips membuat blog gaming yang sukses

Tips membuat blog gaming berikut ini cocok diterapkan buat kamu yang hobi main game dan tertarik membuat blog dengan tujuan dimonetisasi.

Bicara tentang niche blog sendiri sebenarnya ada banyak. Salah satunya yang populer dan dianggap sangat potensial adalah niche gaming.

Berdasarkan data Digital Indonesia Report 2021 dari Hootsuite, jumlah pemain mobile game di Indonesia mencapai 60,5% dari keseluruhan pengguna mobile internet. Dan jumlah ini akan terus meningkat seiring dengan semakin seringnya masyarakat berselancar di dunia maya. (kumparan.com)

Minat warga +62 terhadap game online memang terbilang cukup tinggi sekali. Fakta ini jelas menunjukkan betapa besarnya potensi blog gaming.

So, jika kamu baru memulai membangun blog kamu bisa mempertimbangkan tema yang khusus membahas seputar game.

Tips membuat blog gaming 

Membuat blog gaming bisa dibilang gampang-gampang susah. Susahnya cuma sekali lho, jadi yang terpenting kalau sudah ada niat dan komitmen yuk segera action

Berikut tips atau langkah-langkah membangun blog gaming yang bisa kamu terapkan :

Tentukan niche yang lebih spesifik

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menentukan niche blog yang lebih spesifik. Tujuannya agar kamu bisa lebih fokus dalam membangun blog.

Niche gaming sendiri cakupannya masih luas. Akan lebih baik jika kamu fokus pada tema gaming yang spesifik.

Misal, tema blog yang hanya membahas seputar mobile game, niche yang hanya mengulas PC game atau tema terkait game tertentu saja seperti mobile legends, free fire dan lain sebagainya.

Tentukan platform blog

Langkah selanjutnya yang tidak kalah penting adalah menentukan platform blog. Ada berbagai jenis platform yang bisa kamu gunakan dalam membuat blog gaming.

Jika ingin yang gratisan, kamu bisa memilih platform blogger.com atau wordpress.com. Namun jika ingin membuat blog dengan tampilan yang lebih keren dan kemudahan dalam mengakses tanpa dipusingkan dengan kode-kode html maka wordpress.org atau self hosted bisa jadi pilihan yang tepat.

Sediakan nama domain dan hosting

Jika ingin mendapatkan penghasilan dari blog tentu kamu harus mempertimbangkan memiliki blog dengan Top Level Domain (TLD). Termasuk jika kamu lebih tertarik membangun blog di wordpress.org, kamu wajib menyediakan domain dan hosting.

Kecuali kalau kamu memilih platform gratisan seperti blogger.com, kamu cukup memiliki domain saja tanpa perlu membeli hosting.

Nah, pertanyaan yang muncul kemudian kenapa sih harus menyediakan nama domain? Atau apa pentingnya menggunakan blog ber-TLD?

Jawabannya tentu saja agar memudahkan kamu membangun branding sebagai blogger gaming. Selain itu tidak dipungkiri lagi, blog dengan TLD memiliki peluang lebih besar untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah bahkan dollar ketimbang blog yang non TLD.

Untuk itu pastikan kamu memilih nama domain yang unik dan mencermikan isi blog kamu. Misal, karena kamu memilih niche blog gaming sehingga pastikan nama domain yang kamu pilih berkaitan dengan game.

Terapkan teknik SEO

Memonetisasi blog bukan hal yang mudah. Apalagi bagi pemula. Tentu butuh proses yang tidak sebentar. Jadi jangan mimpi setelah bangun blog gaming, kamu bisa langsung meraih kesuksesan dalam sekejap. Oh, rumusnya tidak seperti itu.

Namun jika kamu ingin cepat sukses sebagai blogger gaming salah satu rahasianya adalah menguasai teknik SEO (Search Optimization Engine).

SEO memungkinkan konten blog kamu berhasil menduduki peringkat atas di halaman awal mesin pencari. Jika blog kamu berhasil berada di page one Google pastinya peluang kamu untuk mendapatkan traffic juga jauh lebih besar.

Jadi pastikan blog kamu ramah di mesin pencari sehingga mudah ditemukan pengguna. Untuk itu kamu perlu menerapkan teknik SEO on maupun SEO off page dalam membangun blog dengan niche game.

Buat konten yang berkualitas

Mungkin kamu sudah sering mendengar istilah content is king. Ya, di platform mana pun konten adalah yang utama. 

Begitupula saat membangun blog. Jika ingin menjadi blogger sukses maka kamu harus fokus membuat konten game yang berkualitas.

Konten berkualitas yang di maksud di sini adalah konten yang unik, bermanfaat dan banyak dicari orang. Untuk itu kamu bisa melakukan riset keyword terlebih dahulu sebelum membuat konten.

Pastikan juga konten game yang kamu buat bukan hasil copy paste karya orang lain, tidak vulgar dan juga berbau judi.

Gencarkan promosi blog

Di atas saya sudah singgung tentang traffic. Perlu kamu ketahui bahwa kunci kesuksesan sebuah blog dapat dilihat dari trafiknya.

Peluang untuk mendapatkan penghasilan dari blog akan semakin besar seiring dengan meningkatnya traffic

Namun sebagai blogger pemula tentu saja kamu tidak bisa mengharapkan trafik semata-mata hanya dari mesin pencari. Untuk itu kamu juga perlu mempromosikan blog kamu dengan gencar. 

Promosi yang kamu lakukan bisa dengan membagikan link blog game kamu di semua akun media sosial yang kamu punya atau share link blogpost kamu di grup-grup komunitas game.

Monetisasi blog gaming

Setelah menerapkan langkah-langkah di atas dan mendapati perfoma blog kamu sudah mengalami peningkatan maka kini saatnya untuk memonetisasi blog.

Sebenarnya ada banyak jalan yang bisa kamu lalui untuk mendapatkan gaji dari blog. Bisa lewat sponsored post, content placement, link afiliasi review produk, dan yang paling populer di kalangan blogger adalan menjadi patner google lewat adsense.

Nah, karena kamu memilih blog dengan tema khusus game maka pastikan job yang kamu terima hanya berkaitan dengan niche yang sudah kamu bangun.

Tidak perlu khawatir karena peluang job untuk blog gaming juga banyak kok. Misal, melakukan kerjasama dengan brand atau perusahaan penyedia layanan game. Mempromosikan produk-produk game dan lain sebagainya.

Jangan lupa juga untuk daftarkan blog kamu ke Google Adsense sehingga blog kamu bisa menayangkan iklan dan dapatkan keuntungannya.

Apalagi blog dengan niche khusus punya peluang lebih mudah untuk mendapatkan CTR iklan tinggi ketimbang blog gado-gado.

Itu dia beberapa cara membuat blog gaming yang bisa kamu terapkan agar dapat meraih kesuksesan. Namun tetap ingat ya, tidak ada kesuksesan yang dapat diraih dengan instan. Semua butuh proses. Termasuk dalam membangun blog gaming.

Ide untuk membuat konten game

solitaire.org, Ide membuat konten game

Nah, kalau kamu butuh ide untuk membangun blog gaming ada satu situs game yang recommended ini yaitu solitaire.org.

Di situs ini kamu akan menemukan berbagai macam game online yang nantinya bisa kamu jadikan bahan konten di blog gaming kamu. 

Misalnya saja kamu ingin bikin konten review game online, nah kamu bisa mengulas beberapa game yang sudah kamu mainkan di situs tersebut.

Kenapa saya merekomendasikan situs solitaire.org?
  • Gratis. Ya, kamu dapat memainkan semua jenis permainan di game ini secara cuma-cuma alias gratis. Modalnya cuma kuota internet doang.
  • Banyak pilihan game. Sesuai namanya, di situs ini kamu puas mainkan berbagai macam game solitaire atau permainan kartu legendaris. Tidak hanya itu, solitaire.org juga menawarkan berbagai permainan lain seperti hidden objects, permainan kata dan lain sebagainya.
  • Bebas Iklan. Menariknya lagi, di situs solitaire kamu bisa main dengan nyaman dan tanpa gangguan karena situsnya bersih dari iklan.
  • Praktis. Main game di situs solitaire.org sangat praktis karena bisa diakses lewat berbagai macam device dan tidak perlu log in
  • Tidak perlu download. Selain itu kamu juga bisa langsung main game di situsnya langsung. Jadi tidak perlu khawatir memori ponsel penuh karena main game di solitaire.org tidak perlu dowload.
Game di solitaire.org

Di atas adalah dua game online yang sudah saya mainkan di situs ini, yaitu Daily Same Game dan Candy Fiesta. Keduanya tergolong game yang cukup ringan dan dapat melatih otak.

Sebagaimana yang kita ketahui, game memiliki banyak manfaat. Salah satunya dapat meningkatkan kecerdasan. Nah, game sejenis ini cocok nih dimainkan anak-anak sekolah maupun ibu-ibu sebagai pengisi me time.

Penutup

Demikian ulasan mengenai tips membuat blog gaming yang sukses. Caranya memang tidak mudah, namun dengan konsisten, keuletan dan usaha yang gigih kamu pasti bisa menikmati hasilnya.

Apalagi blog dengan niche game memiliki peluang yang bagus dimana semakin hari peminatnya pun semakin tinggi. Tentunya kamu bisa menerapkan lan

Bagaimana? Tertarik membuat blog gaming?
Tips yang saya bagikan di atas bisa kamu praktikkan ya. Semoga bermanfaat.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url