Tips Memilih Niche Blog yang Tepat dan Menguntungkan

Ingin mendapatkan penghasilan dari blog? Jangan lewatkan tips memilih niche blog yang tepat dan menguntungkan berikut ini.

Tips memilih niche blog yang tepat dan menguntungkan

Ada banyak hal yang memang perlu diperhatikan sebelum membuat blog dengan tujuan untuk dimonetisasi. Mulai dari memilih platform blog, domain, hingga hosting jika ingin menggunakan layanan self hosted.

Namun pemilihan niche juga termasuk poin penting yang tidak boleh kamu lewatkan. Sebenarnya tidak ada aturan kamu harus membuat blog dengan niche tertentu. Kamu bahkan bebas mengisi blog dengan konten apa saja yang kamu suka.

Awal saya membuat blog pun demikian. Tidak memperhatikan niche sama sekali. Maklum ya, dulu tujuan saya bikin blog sebatas menyalurkan hobi menulis sekaligus menjadikan blog semacam diary online gitu. 

Isi blog utama saya dulu isinya curcol doang eh maksud saya random banget. Suka-suka saya mau isi dengan konten apa. Kadang cerpen, puisi, curahan hati dan lain sebagainya.

Setelah dimonetisasi juga masih seperti itu.. Hanya saja bedanya sekarang saya sudah nggak nulis fiksi di blog. Padahal dulu suka banget menuangkan cerita fiksi, sekarang malah sebaliknya. Lebih doyan nulis tema non fiksi.

Jadi isi blog saya saat ini dibanjiri postingan-postingan non fiksi dengan berbagai macam topik. Ada topik parenting, kesehatan, keuangan, kecantikan, bisnis, properti, pendidikan dan masih banyak lainnya. Gado-gado banget, kan? 

Untungnya blog gado-gado ini punya istilah keren namanya lifestyle. Ya, saya suka-suka saja sih membrandingkan diri sebagai lifestyle blogger.

Namun yang perlu kamu ketahui, blog gado-gado atau lifestyle blog tidak termasuk kategori blog ber-niche khususLantas seperti apa blog yang memiliki topik utama? Yuk kita bahas!

Apa itu Niche Blog?

Niche blog adalah tema atau topik tertentu yang dibahas di sebuah blog. Singkatnya niche menggambarkan isi blog kamu. 

Berbeda dengan blog gado-gado, blog yang memiliki niche hanya fokus pada satu topik utama.

Seperti yang saya singgung di atas, sebenarnya tidak ada aturan yang mengharuskan kamu membuat blog dengan tema yang spesifik. Kamu bisa mengisi blog  dengan banyak topik.

Namun jika kamu ingin mendapatkan hasil yang maksimal dan menguntungkan dari ngeblog maka memiliki blog dengan niche khusus adalah pilihan yang tepat.

Apa Keuntungan Memilih Niche Blog?

Tentu saja ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari menerapkan niche blog ketimbang memilih blog tanpa tema yang spesifik.

Berikut ini beberapa keuntungan memiliki blog dengan niche khusus :

Lebih fokus

Terlalu banyak topik yang dibahas dalam blog akan membuat kamu bingung. Sebagai blogger yang memiliki blog gado-gado saya sering mengalami hal ini. 

Saking banyaknya tema yang ingin saya bahas saya kerap bingung mau menulis apa dan ujung-ujungnya tidak jadi menulis apa-apa.

Kekurangan ini tentu tidak dialami oleh blogger yang memilih niche blog. Sebaliknya justru membantu mereka lebih fokus dan konsisten dalam mengisi blog.

Lebih profesional

Keuntungan lain dari menerapkan niche blog akan membuat kamu lebih mudah membangun personal branding sekaligus dikenal sebagai seorang yang profesional.

Dengan demikian ketika ada yang butuh informasi sesuai dengan topik yang kamu angkat maka banyak orang yang akan menjadikan blog kamu sebagai referensi.

Blog dengan niche khusus juga memiliki kesempatan yang lebih besar untuk duduk di rangking teratas halaman search engine.

Lebih mudah dimonetisasi

Memonetisasi blog memang butuh proses, tidak bisa instan. Namun percayalah peluang kamu untuk mendapatkan job atau penghasilan dari blog dengan niche khusus jauh lebih besar ketimbang blog tanpa topik utama.

Menariknya lagi, blog yang ber-niche juga berpeluang mendapatkan fee yang lebih besar dibanding gaji yang diterima lifestyle blogger pada umumnya 

Lebih mudah meningkatkan CTR iklan

Tidak hanya mudah dimonetisasi, blog dengan satu topik utama juga lebih dipercaya Google, cepat pula diterima sebagai publisher AdSense.

Selain itu iklan yang relevan dengan niche blog akan mengundang lebih banyak orang untuk meng-kliknya sehingga hasilnya dapat membuat CTR iklan si pemilik blog meningkat. 

Penghasilan yang kamu dapatkan dari iklan pastinya akan meningkat jika kamu memiliki nilai CTR tinggi. Sangat menarik, kan?

Itulah beberapa keuntungan memilih niche blog. Jadi sudah tahu dong alasan kenapa kamu perlu membuat blog dengan topik khusus. 

Yup, tidak ada ruginya sama sekali apalagi jika tujuan kamu terjun ke dunia blogging untuk bisnis. Namun memilih niche blog tidak bisa sembarangan lho ya.

Untuk mendapatkan untung dari blogging kamu harus memilih niche yang cocok dengan kamu dan dapat memberi keuntungan.

Agar tidak salah pilih kamu bisa praktikkan cara memilih tema blog yang tepat dan profitable.

Tips memilih niche blog yang tepat dan menguntungkan

Memilih niche blog bukan hal yang mudah dilakukan mengingat ada banyak sekali topik yang bisa dibahas di blog. Terlebih lagi jenis blog yang satu ini menuntut keistiqomahan tingkat tinggi. 

So far meskipun dari awal kamu sudah punya niche blog pilihan tapi kalau kamunya sendiri kurang komitmen bukan tidak mungkin kamu akan goyah dan tergoda untuk menuliskan banyak topik.

Untuk itu kamu perlu mengikuti tips memilih niche blog berikut ini.

Pilih niche blog yang kamu sukai dan kuasai

Tips pertama yang harus kamu lakukan adalah cari tahu topik apa yang paling kamu sukai.

Mungkin kamu bertanya, kenapa perlu memilih niche yang disukai?

Ya karena jelas akan lebih ringan ketika kamu mengerjakan apa yang kamu sukai dibanding apa yang kamu tidak suka. 

Untuk bisa mendapatkan gaji dari blog membutuhkan proses yang panjang. Bukan cuma sehari dua hari lho. Kamu bahkan dituntut harus konsisten jika benar-benar ingin membangun blog dan menjadi blogger profesional.

Kalau niat kamu cuma iseng atau main-main saja, ya mending nggak usah. Sayang saja sih kalau sudah semangat di awal tapi di pertengahan kamu berhenti hanya karena kamu mulai merasa bosan menulis topik yang kamu nggak sukai.

Namun modal suka saja tidak cukup, agar aktivitas menulis di blog berjalan lancar dan mudah kamu perlu juga memilih topik yang kamu kuasai. 

Kuasai di sini bukan berarti kamu harus jadi orang yang ahli dengan topik tersebut, tapi paling tidak kamu mau belajar dan menambah ilmu terkait topik tersebut. 

Misalnya saja kamu suka dengan niche parenting dan suka berbagi banyak hal di blog terlait pengalaman kamu mengasuh si kecil. 

Selain pengalaman, ilmu parenting yang kamu dapatkan juga pastinya akan dapat membantu dan memudahkan kamu dalam membangun blog bertema pengasuhan.

Cari niche yang banyak dicari orang

Tips yang satu ini juga tidak kalah penting. Agar mendapatkan penghasilan dari blog baik itu dari Google AdSense, afiliasi, content placement, sponsored post dan lain sebagainya, maka kamu harus memiliki blog dengan jumlah traffic yang banyak.

Kabar baiknya, blog dengan niche khusus berpeluang mendapatkan traffic yang lebih besar daripada blog gado-gado.

Hal tersebut terjadi lantaran blog dengan topik yang spesifik sering menjadi referensi banyak orang. Tentu, efeknya sangat bagus di mesin pencari. 

Terbukti, banyak blog ber-niche yang berhasil menduduki peringkat utama di halaman pertama Google.

Akan tetapi tidak semua niche dapat mengundang banyak pengunjung. Untuk itu kamu harus cari tema blog yang benar-benar banyak dicari orang.

Kira-kira niche apa yang kamu sukai dan banyak dicari orang? Kamu bisa menerka-nerka terlebih dahulu sebelum melangkah ke tips selanjutnya.

Lakukan riset sebelum memilih

Setelah menemukan tips yang kamu sukai, kuasai dan banyak juga dicari orang maka langkah selanjutnya yang mesti kamu lakukan adalah riset.

Tenang saja, risetnya tidak ribet kok. Kamu cukup melakukan riset sederhana yang tujuannya untuk memastikan apakah topik yang kamu pilih banyak dicari orang atau tidak.

Kalau di tips sebelumnya kan kamu baru menerka, nah di tips ketiga ini kamu harus mengecek sendiri kebenarannya dengan memanfaatkan tools gratis seperti Google Trends.

Caranya mudah banget, kamu bisa unduh dulu aplikasi Google Trends di play store atau app store. Setelah berhasil terpasang di gawai kamu silakan buka dan ketik niche blog pilihan kamu lalu tunggu hasilnya.

Google Trends akan menemukan grafik yang menunjukkan seberapa besar atau berpotensinya niche tersebut untuk kamu pilih sebagai niche blog.

Pastikan niche blog bernilai tinggi

Apakah niche yang ramai dicari oramg sudah cukup untuk membangun blog yang berpenghasilan?

Jawabannya tentu saja belum. Jika memamg kamu serius menekuni dunia blog untuk mendapatkan penghasilan maka pastikan niche yang kamu pilih tidak hanya mendatangkan traffic melainkan juga cuan.

Untuk itu niche yang kamu pilih harus bernilai tinggi. Terutama buat kamu yang ingin fokus mendapatkan gaji dari Google maka topik yang kamu pilih haruslah  niche blog yang bagus untuk AdSense atau iklan lainnya.

Lantas bagaimana caranya  mengetahui niche blog yang kamu pilih (bernilai tinggi) atau tidak?

Jawabannya adalah AdWords.

Yap, caranya adalah dengan mencari dan melakukan riset seberapa banyak perusahaan atau bisnis-bisnis mengiklankan hal yang berkaitan dengan niche blog kamu.

Jika perusahaan atau pelaku bisnis mengiklankan topik yang berkaitan dengan niche blog kamu, itu artinya kamu sudah memilih niche yang tepat untuk monetisasi blog.

Game Online, Rekomendasi Niche Blog yang Profitable

Setelah menjelaskan apa itu niche blog, keuntungan dan tips memilih tema blog yang tepat, sekarang saatnya saya ingin rekomendasikan ke kamu salah satu niche blog yang memiliki peluang sangat bagus untuk mendatangkan keuntungan.


Yup, game online. 

Indonesia termasuk penduduk dengan gamers online terbanyak di Asia Tenggara lho.

Dari informasi yang saya peroleh, pada 2019 lalu, jumlah gamers online sudah mencapai 60 juta dan diperkirakan meningkat hingga 100 juta pada tahun 2020.

Dengan datangnya pandemi jumlah pemain game online bahkan meningkat drastis hingga mencapai dua kali lipat.
Dilansir dari situs wartaekonomi.co.id, menurut Laporan InMobi bertajuk "Mobile Gaming Through the Pandemic and Beyond in Southeast Asia 2021", anjuran pandemi untuk di rumah saja telah menyebabkan 46% orang Indonesia beralih bermain game seluler untuk pertama kalinya

Fakta ini jelas menjadi peluang bagus untuk para blogger yang ingin membangun blog dengan niche khusus. 

Mengingat peminat game online semakin populer di masa pandemi ini bahkan ke depannya masih akan terus meningkat sehingga blog dengan niche game online bisa jadi pilihan yang sangat tepat terutama buat kamu yang memang suka bermain game online.

Nah, untuk ide kontennya sendiri kamu tidak perlu bingung, kamu bisa memanfaatkan situs game online gratis seperti plays.org


Situs ini menyajikan jutaan game online yang up to date. Mulai dari game lawas hingga game terbaru, semua bisa kamu temukan di Plays.

Menariknya lagi, untuk bermain game online di Plays tidak perlu download dan login segala. Kamu bisa langsung main di situsnya. Semua GRATIS dan bebas iklan. Bisa diakses melalui berbagai macam perangkat juga.


Senangnya main game di Plays karena ada banyak sekali pilihan gamenya termasuk game edukasi.

Salah satu game edukasi yang bisa dimainkan oleh orang tua dan anak di situs Plays adalah Equivalent Fractions Bingo

Ini adalah permainan matematika dimana  pemain harus membuat BINGO dengan mencocokkan pecahan dengan nilai yang sama berulang kali sampai berhasil membuat garis di kartu bingo.

Game pecahan ini dapat orang tua kenalkan ke anak-anak karena dapat membantu mereka belajar pecahan sederhana dengan cara yang menyenangkan.

Permainan sejenis yang tidak kalah seru adalah Fraction Games. Ini adalah permainan pecahan edukasi dimana pemain harus mencocokkan pecahan setara dengan menembak asteroid yang memiliki nilai numerik yang sama yang ditampilkan di kapal.  

Pemain harus menghancurkan semua asteroid sebelum salah satu dari mereka menabrak Bumi untuk menyelamatkan planet ini.

Sangat bagus lho mengenalkan kedua game di atas ke anak-anak agar mereka bisa bermain sekaligus belajar matematika khususnya materi pecahan dengan cara yang asyik dan tidak membosankan.

Tentunya masih ada buaanyaak lagi game di Plays yang bisa kamu eksplor. Jadi misalkan kamu ingin menuliskan postingan tentang game edukasi kamu bisa melipir ke situs game online plays dan memainkan beberapa permainan bertema pendidikan yang ada di sana.

Setelah itu tinggal kamu tuangkan ulasan kamu terkait game plays di blog kamyu yang ber-niche game online. Bagaimana? Ide yang sangat menarik, bukan?

Demikian sedikit ulasan seputar niche blog serta game online sebagai salah satu rekomendasi niche blog yang dapat mendatangkan keuntungan.

Semoga mencerahkan ya. 

Salam,

Next Post Previous Post
6 Comments
  • Kyndaerim
    Kyndaerim 29 November 2021 19.16

    Dulu awal awal ku ngeblog, isinya puisi dan cerpen, eh makin ke sini jadi gado-gado, wkwk..

    sekarang alhamdulillah udah punya beberapa blog dengan niche khusus.

    Tapi belum ada niche game nih. Mungkin bakal cari domain yg pas, hihi..

  • Rizky Kurnia Rahman
    Rizky Kurnia Rahman 5 Desember 2021 15.05

    Betul juga ya, niche game online. Kirain untuk main-main saja, ternyata justru peluang besar.

  • Ice Cream
    Ice Cream 13 Desember 2021 17.19

    pakai satu niche memang membuat blog semakin kelihatan profesional mbak, tapi salah satu kesulitannya blog dengan satu niche itu kadang buat kita susah nulis karena keeterbatasan ide

  • Viandri
    Viandri 13 Desember 2021 22.09

    Sukses, ya kak untuk ngeblognya. Tetap menebarkan manfaat dan semangat untuk tetap ngeblog.

  • R Palupi
    R Palupi 14 Desember 2021 00.39

    Mbak aku jadi pengen juga nih lebih memfokuskan blogku. Emang ya niche lifestyle itu terlalu luas dan jadinya gado2 banget hehehe.

  • April Fatmasari
    April Fatmasari 14 Desember 2021 10.42

    Iya ini, saya masih gado-gado juga. Tapi kelihatan sih, menu
    tema yang paling banyak isinya postingannya. Cuman kok belum pede, patenkan niche blog tema khusus itu. Hehe

Add Comment
comment url