Cara Mengatasi Blog Redirect ke Blog Orang Lain

cara mengatasi blog redirect ke blog orang lain

Simak yuk cara mengatasi blog redirect ke blog orang lain. Pernah mengalami blog redirect ke blog lain? Ketika diakses eh malah larinya ke blog yang bukan punya kita.  

Syukurnya saya belum pernah mengalami hal buruk kayak gini dan semoga saja tidak akan. Namun kasus ini dialami oleh Bunda Dawiah, teman blogger di Komunitas Blogger AngingMammiri (AM).

Oh ya saya sebutnya Bunda karena teman blogger saya ini usianya sebaya dengan mama saya.

Saya ingat waktu pertama kali gabung di WAG AM, beliau termasuk salah satu anggota yang menyapa saya dengan kalimat chatnya yang friendly dan gaul banget.

Sampai-sampai saya mengira pemilik kontak Dawiah ini wanita muda yang masih berusia kepala 2. Makanya pas tahu beliau sudah berumur 50-an saya begitu kaget sekaligus takjub. 

Apalagi setelah makin kenal dengan sosok beliau yang rupanya adalah seorang guru, namun di luar kesibukannya mengajar beliau sampai saat ini juga masih aktif dan produktif menulis.

Ya, jika dilihat dari usia memang tidak muda lagi, namun di mata saya Bunda Dawiah termasuk sosok perempuan berjiwa muda yang semangatnya luar biasa. 

Terbukti dengan antusias beliau mengikuti berbagai komunitas blogger dan kepenulisan, bahkan semangat juga ikut tantangan menulis di Kelas Literasi Ibu Profesional. Fyi, akhir tahun kemarin kami sama-sama berhasil lulus dan ikut wisuda KLIP 2021 lho.

Oke, itu sedikit perkenalan singkat tentang Bunda Dawiah, sekadar intermezo saja selanjutnya mari kembali ke masalah blog yang beliau alami. Blog redirect ke blog lain. 

Kenapa bisa terjadi dan bagaimana cara mengatasinya? Yuk kita bahas!

Penyebab blog redirect ke blog orang lain

Jujurly ini pertama kali saya ketemu kasus dimana blog redirect ke blog lain. Sebenarnya masalah blog teralihkan ke blog lain ini bukan hal yang baru atau mungkin sudah pernah kita jumpai. 

Namun biasanya yang sengaja melakukan redirect adalah pemilik blognya sendiri. Hal tersebut terjadi karena si pemilik blog mengganti blog lama dengan blog baru. 

Agar tidak kehilangan pengunjung dari blog lama maka ia sengaja mengalihkan url blog lama ke blog baru sehingga ketika ada yang berkunjung ke blog lamanya otomatis akan teralihkan ke blog baru.

Kalau redirect seperti itu jelas bukan masalah, justru menguntungkan si pemilik blog karena meski sudah pindah rumah dia tetap mendapat pengunjung yang berasal dari rumah lamanya.

Nah, beda hal dengan kasus yang dialami Bunda Dawiah karena blognya redirect ke blog lain yang bukan milik beliau. 

Hal ini jelas merugikan, karena selain blognya tidak bisa diakses, beliau juga kehilangan pengunjung.

Pertanyaan yang muncul, bagaimana kasus ini bisa terjadi? Bagaimana caranya si pelaku usil ini menculik traffic dengan mengalihkan url blog Bunda Dawiah ke blognya?

Masih menjadi tanda tanya besar buat saya karena sampai sekarang pun saya belum menemukan penjelasan terkait hal ini.

Kalau kata salah satu blogger senior di AM, template blog Bunda Dawiah kena inject atau semacam virus. Ada orang yang iseng memasukkan kode-kode tertentu ke blog beliau.

Mungkin seperti di-hack gitu kali ya. Duh, ngeri juga tapi entahlah bagaimana caranya si orang usil ini memasukkan kode atau script ke dalam blog Bunda Dawiah.

Lalu apa reaksi Bunda Dawiah ketika menyadari blognya teralihkah ke blog lain? Jelas panik dong. 

Kalau berada di posisi yang sama pun saya juga pasti bereaksi serupa lalu segera mencari cara mengatasi blog yang redirect ke blog orang lain.

Cara mengatasi blog redirect ke blog orang lain

Cara yang dilakukan bunda Dawiah ketika menyadari blognya tidak bisa diakses alias teralihkan ke blog lain adalah mencari bantuan di komunitas blogger.  Yaiyalah, nggak mungkin beliau larinya ke grup keluarga atau grup arisan, hehe.

Saat itu beliau mengadukan masalah blognya itu ke WAG Blogger AngingMammiri. Bukan kebetulan saya juga lagi online.

Saat membaca chat beliau hal pertama yang langsung terbersit di benak saya adalah googling

Haha iya, saya kalau punya masalah blog biasa larinya ke Google dulu, nanti kalau nggak bisa saya atasi sendiri baru deh cari bantuan di grup blogger.

Salah satu grup yang juga sering saya tanyai kalau ada masalah blog ya WAG Blogger AngingMammiri ini. 

Pas googling dengan kata kunci mengatasi blog yang redirect ke blog lain rata-rata yang muncul adalah artikel yang memberitahu cara redirrect url blog ke blog lain which is cara ini ditujukan untuk pemilik blog yang ingin mengalihkan blog lamanya ke blog baru.

Syukurnya ada satu artikel yang membahas seputar cara mengatasi blog yang redirect ke blog atau website lain.  Kasus yang ditulis di artikel tersebut juga serupa dengan yang dialami Bunda Dawiah.

Langsung saja saya mengirim artikel dari blog.amarihsan.my.id ke WAG AM dan meminta Bunda Dawiah untuk mencoba mengikuti langkah-langkah yang ada dalam artikel tersebut.

Namun beliau kesulitan mengatasi sendiri karena tidak terbiasa otak-atik edit html sehingga dengan senang hati saya bersedia membantu dari jauh ketika belum menjapri saya. 

Begitulah ceritanya sampai saya dapat ide membuat postingan ini, hehe. So, langsung saja yuk kita bahas cara mengatasi blog yang teralihkan ke blog milik orang usil.

Caranya cukup mudah ya teman-teman. Jadi seperti kata salah satu senior di AM, blog Bunda Dawiah teralihkan ke blog lain karena template blognya kena injeksi.

Setelah saya cek sendiri, ternyata benar blog Bunda Dawiah kena virus dimana di dalam templatenya terdapat kode script dengan link yang mengarah ke blog orang usil tersebut.

Nah, untuk kasus seperti ini kalau nggak pengen rempong mending langsung saja ganti template baru. 

Tapi kalau masih sayang dengan template lama maka satu-satunya solusi adalah membuang kode script yang menjadi penyebab blog teralihkan.

Beidewei, sebelum lanjut saya perlu sampaikan dulu bahwa cara ini khusus untuk pengguna blogspot atau blogger.

Berikut langkah-langkah mengatasi blog yang teralihkan ke blog lain :

  • Masuk ke dasbor blogger
  • Pilih tema lalu pastikan sebelum edit html klik cadangkan (backup) file template terlebih dahulu agar jika terjadi kesalahan saat mengedit bisa kembali ke template semula.
  • Setelah berhasil cadangkan template masuk ke edit html lalu lakukan pencarian dengan mengarahkan kursor ke dalam laman edit, tekan CTRL+F, masukkan link yang di-redirrect dari halaman blog kita lalu enter. Dalam kasus ini blog Bunda Dawiah ter-redirect ke cassandralevi.com.
  • Setelah enter maka akan ditemukan kode script untuk mengalihkan blog kita ke blog lain. Tugas kita di sini cukup menghilangkan atau menghapus script tersebut.
Kode script redirect
Kode script yang menjadi penyebab blog Bunda Dawiah teralihkan ke blog lain 
  • Setelah dihapus kode script yang menjadi penyebab blog mengalami redirect, tekan tombol simpan dan selamat blog sudah bisa diakses normal kembali.
Demikian sharing mengenai cara mengatasi blog redirect ke blog orang lain. Kasus seperti ini mungkin jarang terjadi namun jika diantara teman-teman ada yang mengalami masalah serupa bisa mencoba langkah-langkah di atas.

Semoga sharing ini bermanfaat. Terima kasih sudah mampir.

Next Post Previous Post
2 Comments
  • namdevyanik
    namdevyanik 2 Maret 2022 06.39

    Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

  • HendraDigital
    HendraDigital 1 April 2022 10.10

    makasih atas infonya. serem juga ya kasus seperti ini, meski masih bisa diatasi juga. Semoga saja kita semua dijauhkan dari orang-orang yang usil atau jahat terhadap blog yang kita kelola, aaamiiin.....

Add Comment
comment url