5 Komunitas Blogger untuk Perempuan, Tertarik yang Mana?

Siapa nih yang lagi cari rekomendasi komunitas blogger untuk perempuan? Sini saya bisikin! Kalau kamu baru terjun di dunia blogger, selain fokus membuat konten blog, hal penting lainnya yang harus kamu lakukan adalah bergabung di komunitas blogger.


Tenang saja ada banyak komunitas blogger yang dikhususkan untuk para perempuan, emak-emak atau ibu-ibu. Jadi kamu nggak perlu pusing carinya.


Cukup baca postingan ini saja sampai selesai untuk temukan rekomendasi komunitas blogger yang tepat buat kamu!


Mengapa Harus Gabung Komunitas Blogger?


Pertanyaan ini sebenarnya berkaitan dengan tujuan ngeblog. Kamu ngeblognya buat apa, sekadar buat have fun kah? Bangun branding sekaligus ingin dapat cuan dari hobi ngeblog? Atau sebatas ingin tulisan-tulisan kamu di blog dibaca banyak orang?


Intinya, kalau kamu ngeblog bukan untuk diri sendiri melainkan untuk berbagi, untuk mendapatkan penghasilan maka fix, itu artinya kamu butuh komunitas. Apalagi kalau kamu blogger pemula. 


Kamu nggak bisa berkembang tanpa komunitas. Eh atau mungkin bisa tapi lamban.


Saya masih ingat sekali waktu awal terjun di dunia blog, saya merasa seperti saya satu-satunya blogger di muka bumi ini, haha.


Bagaimana tidak? Ibaratnya saya seperti tinggal seorang diri di tengah hutan. Tidak punya teman, tetangga, kerabat. Hanya saya seorang diri.


Belakangan, setelah bergabung di komunitas blogger barulah saya tahu ternyata di luar sana ada banyak sekali blogger. Saya saja yang kuper, kurang jauh mainnya, wkwk.


Nah, semenjak gabung di komunitas blogger banyak banget manfaat yang saya dapatkan. Mulai dari teman, ilmu hingga cuan.


Saya bisa bangun branding dan dikenal sebagai blogger seperti sekarang, itu nggak lepas dari peran komunitas. Makanya saran saya buat kamu yang memang ingin fokus menekuni dunia blog, jangan ngeblog sendiri tapi gabunglah di komunitas agar kamu bisa lebih cepat berkembang.

 

Apalagi kalau kamu blogger perempuan, nggak perlu susah carinya. Sini saya beritahu, komunitas blogger mana saja yang bisa kamu masuki.


Rekomendasi Komunitas Blogger untuk Perempuan


Kalau dihitung-hitung komunitas blogger yang anggotanya semua perempuan ada lebih dari lima. Namun itu termasuk dengan komunitas yang kurang aktif atau bahkan vakum.


Nah, lima komunitas blogger khusus kaum  hawa yang saya rekomendasikan di bawah ini masih eksis sampai sekarang. Ada komunitas apa saja? Yuk, yuk kita intip!


Kumpulan Emak-Emak Blogger (KEB)

Kumpulan emak2 blogger (KEB)
Logo KEB

Seperti namanya, komunitas blogger yang satu ini merupakan tempat berkumpulnya para emak-emak blogger. Namun KEB juga terbuka kok untuk para calon emak maupun yang masih lajang.


Komunitas yang berdiri sejak 18 Januari 2012 ini digagas pertama kali oleh Mak Mira Sahid, yang kemudian bersama Mak Indah Julianti Sibarani, Sary Melati dan Nike Rasyid dikembangkan menjadi komunitas blogger perempuan pertama dan terbesar di Indonesia. 


Ya, sudah 1 dekade usia KEB dan masih tetap eksis sampai sekarang dengan berbagai program yang menarik baik online maupun offline.


Mau bergabung di KEB? Caranya mudah. Pertama kamu harus memenuhi syaratnya dulu yaitu, hanya dikhususkan untuk blogger perempuan baik yang sudah menikah atau belum, memiliki blog pribadi dengan minimal 5 tulisan yang diupdate 5 bulan terakhir dan wajib punya akun facebook.


Setelah memenuhi syarat tersebut kamu bisa langsung mengajukan permohonan bergabung di Grup Facebook Kumpulan Emak2 Blogger. 


Jangan lupa isi form pendaftaran yang tertera di sana. Setelah itu tinggal tunggu konfirmasi. Nah, kalau sudah di-approve atau resmi menjadi bagian KEB kamu wajib pasang logo KEB.


Untuk info lebih lanjut bisa langsung kepoin di websiter emak2blogger.com atau akun media sosialnya @emak2blogger


Blogger Perempuan Network (BPN)


Komunitas  Blogger Perempuan Network (BPN)
Logo BPN


Berikutnya ada Komunitas Blogger Perempuan Network atau lebih akrab disebut Komunitas Perempuan. 


Berdiri pada tahun 2015, komunitas ini tumbuh menjadi komunitas blogger perempuan yang juga termasuk terbesar di Indonesia dengan anggota mencapai ribuan yang tersebar di seluruh Indonesia. Pendirinya adalah Mbak Shintaries dan Mbak Almazia. 


Waktu baru gabung, tahun 2018 komunitas ini dinahkodai oleh Mbak Alaika Abdullah, blogger perempuan asal Aceh yang kini setelah lepas dari jabatannya sebagai ketua Komunitas Blogger Perempuan Network lebih aktif menjadi pegiat literasi dan kerap diundang sebagai Narasumber Literasi Digital.


Oh ya komunitas blogger perempuan yang satu ini memiliki keunikan tersendiri, karena tidak mewajibkan member-nya harus memiliki blog pribadi.


Cukup dengan mengisi form registrasi saja yang ada di websitenya, kamu sudah resmi menjadi member BPN dan bisa langsung ikut menulis di website-nya layaknya seperti menulis di blog pribadi. 


Nah, ini alasannya kenapa buat gabung di BP nggak harus punya blog pribadi dulu.

Karena dengan join di blogger perempuan melalui websitenya kamu sudah bisa melakukan aktivitas seperti blogger atau lebih tepatnya bisa menjadi kontributor di website BPN.


Info selengkapnya tentang BPN bisa kamu dapatkan di website bloggerperempuan.com atau akun media sosialnya @bloggerperempuan.


Mom Blogger Community (MBC)


Mom Blogger Community (MBC)
Logo MBC

Selanjutnya ada komunitas Mom Bloggger Community yang kini berada di bawah naungan CV Karya Perempuan Indonesia.


Meski mengusung nama mom, komunitas ini juga terbuka untuk semua perempuan baik yang sudah atau belum menikah. Komunitas ini sudah hadir sejak 2018 dan masih eksis sampai saat ini dengan Co-founder-nya mom Icha Fauziah dibantu dengan mom Yanti dan mom Farhati Mardhiyah.


Sebagai tempat berkumpulnya para mom yang memilik ketertarikan dengan blog dan dunia digital marketing, MBC memiliki berbagai program yang turut memberdayakan anggotanya dengan berbagai event atau campaign yang ditanganinya.


Ada 3 syarat yang harus kamu penuhi jika ingin menjadi anggota MBC. Syaratnya juga tidak sulit kok, pertama follow semua akun media sosial MBC (@mombloggercommunity) , pasang banner logo MBC di blog kamu dan isi form pendaftaran yang linknya bisa kamu dapatkan di website momsbloggercommunity.com.


Untuk bergabung dengan komunitas blogger


SEO Moms Community (SEOMOC)

SEO Moms Community (SEOMOC)
Logo SEOMOC

Ini adalah satu-satunya komunitas blogger untuk perempuan yang pendirinya bukan perempuan.


Komunitas ini dibentuk pada 25 Januari 2020 oleh seorang pemuda yang akrab disapa Bang Q. Rupanya ada alasan mengapa Bang Q mendirikan komunitas untuk para ibu yang ia namakan SEO Moms Community.


Komunitas ini adalah persembahan atau bentuk dedikasinya Bang Q terhadap ibunya yang wafat pada 25 November 2010.


Lewat komunitas ini, Bang Q membagikan ilmu blogging dan SEO yang dikuasainya kepada para moms secara cuma-cuma dengan harapan semoga kebaikan yang ia bagikan ini bisa mengalir atau menjadi amal jariah untuk almarhumah ibunya. 


Maa syaa Allah mulia sekali ya tujuannya Bang Q. Karena itu SEOMOC hadir dengan tujuan utamanya yaitu memberikan materi edukasi tentang seluk beluk dunia blogger dan SEO khusus untuk kalangan perempuan di Indonesia.


Oh ya hingga saat ini sudah terbentuk 7 koordinator SEOMOC yang menangani member pada wilayah tertentu di indonesia.


Namun berbeda dengan komunitas blogger lainnya yang pendaftaran membernya selalu terbuka, untuk gabung SEOMOC kamu harus menunggu pendaftaran kelas baru terbuka. Biasanya hanya sekali atau dua kali dalam setahun.


Karena itu, biar tidak ketinggalan informasi kamu bisa follow akun @seomoms dan dapatkan informasi lebih detail di website www.seomoc.my.id


Ibu-Ibu Doyan Nulis (IIDN)


Ibu-Ibu Doyan Nulis (IIDN)
Logo IIDN

Pertama kali kenal IIDN, saya pikir komunitas ini hanya untuk ibu-ibu yang doyan nulis eh maksud saya buat para penulis saja gitu. Ternyata tidak!


Justru ada banyak ibu-ibu blogger yang bisa kamu jumpai di IIDN. Mereka itu ada yang dari sononya memang penulis tapi setelah bergabung di IIDN terjun juga menjadi blogger.


Pun sebaliknya, ada yang sebelumnya memang sudah hobi nulis di blog setelah masuk di IIDN eh akhirnya bisa jadi penulis buku juga beberapa buku solo sekaligus 


Ya, komunitas yang didirikan oleh Indari Mastuti pada Mei 2010 ini tidak dikhususkan untuk para blogger saja. Namun di situlah keunggulannya.


IIDN yang hadir sebagai wadah bagi para penulis perempuan di Indonesia ini memiliki 21 ribu member yang tersebar di seluruh Indonesia serta di beberapa tempat di luar Indonesia dan memiliki korwil aktif di beberapa kota besar Indonesia.


Oh ya, yang menjabat sebagai ketua IIDN saat ini adalah Mbak Widyanti Yuliandari. Itu lho yang Desember kemarin berkolaborasi dengan Asus mengadakan lomba Blog Asus Zenfone 9 yang sempat saya ikuti juga.


Beliau adalah seorang penulis buku sekaligus blogger senior yang sudah sering menjuarai lomba blog. Keren ya? 


Ingin mengikuti jejak beliau? Ingin meningkatkan skill menulis juga? Cus gabung saja di IIDN. Info lengkapnya bisa kamu dapatkan di website ibuibudoyannulis.com atau akun media sosialnya @ibuibudoyannulis


Itu dia lima komunitas blogger yang recommended. Kamu tertarik ingin bergabung di komunitas mana nih?


Mau gabung semuanya juga boleh banget. Semoga informasi ini bermanfaat ya


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url