11 Rekomendasi Niche Blog Populer dan Profitable

Ingin membuat blog tapi masih bingung dengan tema atau topik yang ingin dibahas. Simak yuk rekomendasi niche blog populer dan profitable berikut ini.

11 Rekomendasi Niche Blog Populer dan Profitable

Sebelum memutuskan membuat blog, ada beberapa hal yang harus kamu pertimbangkan terlebih dahulu. Selain platform dan nama domain, pemilihan niche juga penting.

Jangan asal memilih niche karena hal ini berkaitan erat dengan tujuan blogging. Kamu akan kesulitan membuat konten blog yang kreatif jika salah memilih niche.

Sebaliknya akan lebih mudah mengelola blog bila sedari awal kamu menentukan topik blog yang sesuai dengan minat dan passion-nya kamu.

Rekomendasi Niche Blog Terbaik

Niche blog adalah tema atau topik khusus dalam sebuah blog. Sebenarnya tidak ada aturan yang mengharuskan kamu membuat blog dengan niche tertentu.

Kamu bebas membuat konten apa pun di blogmu. Namun blog tanpa niche atau topik spesifik akan membuatmu kesulitan untuk fokus.

Beda halnya ketika kamu memilih fokus membuat blog dengan satu topik utama saja. Blog yang kamu buat tentu akan terkesan lebih unik, otentik dan menarik.
 
Blog ber-niche akan memudahkan kamu menemukan pengunjung sesuai target. Bahkan dengan kekonsistenan kamu dalam mengelola blog dengan niche pilihan, blog kamu akan lebih cepat berkembang dan memiliki pengunjung yang stabil.

Dalam pembuatan konten blog pun kamu tidak akan kebingungan, sebaliknya pemilihan niche blog yang tepat dapat memudahkan kamu dalam membuat konten yang berkualitas.

Selain itu blog dengan tema tertentu lebih mudah dimonetisasi dan akan membuat kamu terlihat profesional atau ahli di bidang tersebut.

Jika sudah dianggap ahli, tentunya banyak pengunjung yang akan menjadikan blog kamu sebagai referensi. Oh ya, blog ber-niche juga biasanya mudah diterima Google AdSense lho.

Seperti yang sudah saya jelaskan di artikel tips memilih niche blog, mengelola blog dengan niche khusus memang memiliki beberapa kelebihan dibanding blog dengan tema campuran atau gado-gado.

So far, buat kamu yang tertarik membuat blog dengan topik spesifik, berikut ada beberapa rekomendasi niche blog yang populer dan profitable. Kita bahas satu per satu yuk!

Rekomendasi Niche Blog Terbaik

Parenting

Saat ini sudah banyak orang tua yang melek digital, terutama bagi para orang tua baru. Mereka sering mencari informasi terkait parenting atau pengasuhan di internet.

Tidak heran bila jumlah pencarian  informasi dengan kata kunci seputar parenting di internet cukup populer bahkan meningkat dari tahun ke tahun.

Oleh karenanya parenting termasuk niche yang menguntungkan. Tema blog ini cocok buat kamu yang sudah berkeluarga dan tertarik dengan dunia pengasuhan.

Biasanya blogger yang memilih niche ini berasal dari kalangan emak-emak tapi jangan salah ada juga lho bapak-bapak blogger yang concern dengan tema parenting. 

Tentunya ada beragam bahasan yang bisa kamu ulas jika memilih niche parenting. Di blog parenting kamu bisa berbagi informasi seputar
kehamilan, ASI dan MPASI, tumbuh kembang anak, mitos-mitos seputar ibu dan bayi, rekomendasi buku untuk anak, read aloud, ide permainan edukatif untuk si kecil dan lain sebagainya.

Namun perlu diperhatikan, pastikan informasi yang kamu bagikan itu akurat ya. Jangan sampai kamu membagi informasi yang salah. Setidaknya sebelum membuat konten parenting konfirmasi terlebih dahulu pada ahlinya atau carilah berbagai literatur parenting.

Dengan menerapkan niche ini akan membuka peluang buat kamu  bekerjasama dengan berbagai perusahaan atau brand seputar ibu dan anak, seperti brand susu kehamilan, ASI booster, perlengkapan bayi, makanan bayi, baju anak, mainan edukasi, dan lain-lain.

Kesehatan

Niche menarik berikutnya yang bisa jadi pilihan menguntungkan adalah kesehatan. Sebelum pandemi, pencarian di internet yang berkaitan dengan tema ini sudah sangat ramai.

Apalagi sejak COVID-19 menyerang dan membuat banyak orang menghindari tempat-tempat umum termasuk rumah sakit. Mereka kemudian memanfaatkan internet untuk mencari informasi seputar kesehatan.

Sampai saat ini pun keyword yang berkenaan dengan kesehatan masih sangat populer. Dengan memilih niche ini kamu bisa menulis tips menjalani gaya hidup sehat, mengulas berbagai penyakit, membahas mitos dan hoax seputar kesehatan yang beredar di masyarakat, dan lain-lain.

Tentunya topik kesehatan sangat cocok buat kamu yang punya latar belakang di dunia kesehatan, seperti dokter, perawat, bidan, analis dan lain sebagainya. 

Lewat blog, kamu bisa membagikan ilmu kesehatan yang sudah kamu pelajari di bangku kuliah. Atau kalau basic kamu bukan kesehatan kamu bisa membuat artikel dengan merujuk pada sumber-sumber terpercaya.

Dengan mengangkat tema kesehatan, kamu akan dapat kesempatan bekerjasama dengan klinik kesehatan, apotek, brand obat, aplikasi kesehatan dan lain sebagainya.

Kecantikan

Semakin ke sini semakin banyak perempuan yang tertarik untuk merawat kecantikannya dan polesan make up. Untuk itu mereka biasa mencari rekomendasi produk kecantikan di internet, baik itu skincare maupun alat komestik. 

Sebelum memutuskan untuk membeli suatu produk kecantikan mereka juga suka membaca terlebih dahulu ulasan atau review dari para beauty blogger.

Tak heran bila pencarian dengan topik ini di mesin pencari tidak pernah sepi. Maka tepat sekali dijadikan niche blog untuk mendulang rupiah. Apalagi buat kamu yang notabene rutin menggunakan skincare dan memiliki hobi dandan.

Dengan membuat blog kecantikan atau dikenal juga dengan istilah beauty blog kamu akan mendapatkan banyak keuntungan seperti diajak bekerjasama dengan berbagai brand produk kecantikan baik lokal maupun impor, diajak untuk melakukan treatment langsung di klinik kecantikan, dan lain-lain.

Untuk ide konten tema beauty sendiri cukup beragam. Kamu bisa mulai membuat konten dengan mengulas produk skincare atau make up yang sudah kamu gunakan, menulis tutorial make up untuk pemula, serta berbagi tips mengenai perawatan wajah seperti tips mengatasi komedo, cara alami mengatasi kulit berjerawat, tahapan penggunaan skincare untuk pemula dan lain sebagainya.

Keuangan

Topik populer selanjutnya adalah finansial atau keuangan. Saat ini semakin banyak orang yang melek finansial. Mulai dari kalangan pelajar, orang tua hingga para pebisnis. 

Cakupannya yang cukup luas inilah yang membuat blog dengan tema finansial berpeluang ramai pengunjung.

Bahasan untuk niche finansial pun tak kalah beragam. Jika tertarik dengan tema ini dan memiliki pengetahuan tentang literasi keuangan kamu bisa ikut mengedukasi  pembacamu dengan membuat konten seperti tips investasi untuk pemula, cara mengatur keuangan keluarga, pentingnya dana darurat, mempersiapkan dana pendidikan anak dan lain sebagainya.

Tentu saja memiliki blog dengan tema finansial dapat memberikan keuntungan dimana kamu akan dapat kesempatan untuk bekerjasama dengan  perusahaan/produk/jasa seputar finansial.

Kuliner

Selanjutnya ada topik kuliner yang volume pencarianya di mesin pencari juga terbilang banyak. Bisa jadi pilihan niche yang menguntungkan karena berpeluang besar mendatangkan ribuan trafik.

Terutama jika kamu memang memang memiliki hobi masak atau suka mencicipi berbagai kuliner khas Indonesia maupun kuliner luar negeri, tema blog ini akan sangat cocok untuk kamu kembangkan. 

Tenang saja, kamu tidak akan kehabisan ide ketika mengelola blog dengan niche ini karena ada banyak ide konten kuliner yang bisa kamu buat.

Mulai dari menulis resep masakan, berbagi cerita tentang pengalaman saat sedang wisata kuliner, hingga merekomendasikan tempat makan enak di sebuah tempat seperti merekomendasi makanan korea di Malang atau makanan lezat di kota tempat kamu tinggal.

Dengan menjadi food blogger kamu bakal punya peluang besar untuk kerjasama dengan berbagai brand makanan dan bisa menikmati wisata kuliner secara gratis. Sangat menarik, kan?

Wisata dan Travel

Wisata dan travel termasuk topik blog yang tidak kalah populer. Walau di masa pandemi sempat mengalami penurunan volume pencarian namun kini sudah meningkat kembali sehingga memungkinkan kamu untuk mendapat banyak pengunjung dari mengelola blog dengan tema ini.

Topik wisata dan travel menarik dan profitable karena jalan-jalan dan mencari informasi seputar travel sudah menjadi kebutuhan bagi banyak orang. Baik tujuannya untuk bisnis atau pekerjaan maupun sekadar melepas penat.

Tentunya topik blog yang satu ini sangat cocok buat kamu yang doyan jalan-jalan. Ada banyak ide konten yang bisa kamu olah untuk travel blog.

Kamu bisa membuat konten berupa pengalaman traveling kamu, berbagi tips seputar jalan-jalan, memberikan rekomendasi destinasi wisata yang indah di suatu daerah, berbagi informasi terkait layanan travel, dan lain sebagainya.

Diajak kerjasama dengan berbagai layanan penyedia jasa travel, traveling gratis ke suatu tempat merupakan keuntungan yang bakal kamu dapatkan jika fokus mengelola blog dengan tema ini.

Teknologi

Buat kamu yang selalu update dan tertarik dengan perkembangan teknologi, niche ini adalah pilihan yang tepat.

Dari hasil penelusuran di mesin pencari seperti Google, teknologi termasuk tema yang juga paling banyak peminatnya. Kepopuleran dari tema ini dapat kamu manfaatkan untuk mendulang trafik sekaligus cuan.

Ada banyak ide konten teknologi yang bisa kamu kembangkan, seperti memberi rekomendasi smartphone terbaik 2022, mereview laptop dari brand ternama, membahas berbagai aplikasi menarik yang kamu unduh di Play Store atau App Store, dan lain-lain.

Nah, jika fokus mengelola blog dengan niche teknologi kamu akan dapat kesempatan untuk kerjasama dengan berbagai brand gadget dan brand teknologi lainnya. Selain itu kamu juga berpeluang mendapatkan smartphone atau laptop secara cuma-cuma alias gratis.

Game Online

Niche berikut ini pastinya akan menjadi pilihan terbaik buat kamu yang hobi main game. Siapa sangka aktivitas yang kerap dianggap membuang-buang waktu ini bisa juga menghasilkan cuan.

Tidak hanya sebagai pemain game, keuntungan dari menjadi blogger dengan niche game online juga cukup menggiurkan. Mengingat peminat game online dari tahun ke tahun terus meningkat sehingga pencarian informasi seputar dunia game di Google juga tidak kalah populer.

Dengan semakin populernya game online tentu membuka peluang yang besar untuk mendapatkan pengunjung dan menghasilkan pundi-pundi rupiah. Namun membangun blog dengan tema ini bukan hal yang mudah sehingga kamu perlu tahu cara membuat blog gaming yang sukses.

Kamu bisa memulai dengan membuat konten seputar review game online, lengkap dengan informasi seperti kualitas grafik, alur permainan, karakter pemain, musik audio, dan fitur-fitur yang terdapat pada game tersebut.

Selain itu, kamu juga bisa mengisi blog gaming dengan merekomendasikan perangkat pendukung game online seperti rekomendasi laptop gaming, kursi gaming dan lain-lain. 

Adapun keuntungan membuat blog dengan tema game online, kamu bisa dapat kesempatan bekerjasama dengan perusahaan game maupun mendapat endorse perangkat game. Asyik, kan? 

Edukasi

Rekomendasi niche blog populer dan profitable berikutnya adalah edukasi. Pencarian dengan topik pendidikan di mesin pencari memang tidak ada sepinya.

Bukan hanya para pelajar atau mahasiswa, para guru maupun dosen pun sering mengakses internet untuk mencari referensi tambahan untuk bahan ajarnya.

Ya, akses informasi terkait edukasi sudah menjadi kebutuhan bagi banyak orang terutama yang masih bergelut di dunia pendidikan.

Hal ini jelas memberi keuntungan bagi kamu yang punya latar pendidikan atau tertarik dengan tema ini.

Ada beragam konten pendidikan yang bisa kamu buat seperti mengupas materi pelajaran yang kamu tekuni, membahas suatu soal atau materi pelajaran, berbagi tips sukses lulus ujian nasional, memberikan rekomendasi jurusan terbaik berdasarkan bakat dan minat, dan lain-lain.

Kesempatan untuk bekerjasama dengan brand atau perusahaan seputar edukasi juga bakal kamu dapatkan jika fokus membangun blog dengan tema ini. Seperti diajak kerjasama dengan bimbel online ternama dan mendapat endorse dari perusahaan yang menjual produk perlengkapan sekolah.

Otomotif

Tema selanjutnya cocok banget buat kamu pecinta otomotif. Dengan memilih tema ini kamu bisa membuat konten terkait otomotif seperti mengulas beberapa merek motor atau mobil, merekomendasikan kendaraan terbaik tahun ini serta memberi informasi terkait harga dan promo suatu kemdaraan dengan merek tertentu.

Tentu saja dengan memiliki blog otomotif kamu juga berpeluang mendapat keuntungan, diantaranya diajak kerjasama dengan  perusahaan otomotif, mendapat endorse dari delaer tertentu hingga menikmati fasilitas service kendaraan dan penggantian oli secara cuma-cuma alias gratis.

Bisnis

Satu lagi ide tema blog yang tidak kalah populer dibanding niche lainnya. Yap, bisnis! Belakangan ini tepatnya semenjak pandemi banyak orang yang tertarik menekuni dunia usaha, khususnya bisnis online.

Fakta tersebut jelas memberi peluang yang bagus buat kamu yang tertarik menekuni blog dengan tema ini. Terlebih jika kamu sendiri merupakan pelaku UMKM, blog dengan niche ini bisa menunjang bisnis yang kamu geluti. Selain itu kamu juga dapat bekerjasama dengan para pebisnis atau pelaku UMKM lainnya.

Ide konten bisnis pun tidak sedikit. Kamu bisa menulis artikel seputar tips membangun bisnis untuk pemula, mengulas berbagai produk UMKM, memberi rekomendasi ide usaha rumahan dan lain sebagainya.

Itu dia beberapa niche populer dan berpeluang memberi keuntungan jika diseriusi. Kira-kira kamu tertarik dengan tema blog yang mana nih?

Penutup

Membuat blog dengan tema tertentu memang lebih disarankan daripada blog dengan topik gado-gado atau sering disebut juga lifestyle blog.

Selain membantu kamu untuk fokus dalam mengelola konten sesuai tema yang kamu pilih, blog ber-niche juga lebih mudah mendatangkan trafik dan keuntungan lainnya. Bahkan dengan memiliki blog ber-niche kamu akan terlihat sebagai blogger profesional.

Di atas sudah ada 11 niche blog populer dan profitable yang bisa kamu pilih sesuka hati. Namun saran saya pilihlah niche blog yang paling sesuai dengan minat atau latarnya kamu sehingga lebih mudah untuk dikembangkan.

Demikian sharing saya kali ini, semoga mencerahkan ya.


Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url