SmgmMPcj7P3P6Iq3b9lFutQl5bwb5f2X0nL3ktD5

Cari Blog Ini

Pantulan Warna Zona 1 Komunikasi Produktif

Bismillaah 

Setelah tantangan 15 hari komunikasi produktif berakhir, kini tiba di sesi pantulan warna. Ini merupakan sesi dimana kami diminta untuk mengalirkan rasa selama mengikuti tantangan di zona 1.

Saya merasa pantulan warna saya di zona pertama ini masih putih dan abu-abu. Belum begitu berwarna karena yang saya hasilkan juga belum maksimal.

Teori komunikasi produktif yang sudah saya dapatkan di Kelas Bunda Sayang ini masih jadi PR besar buat. Selama 15 hari kemarin saya masih belum maksimal menerapkannya ke anak-anak dan suami. Malah sepertinya masih setengah-setengah.

Terbukti dengan badge yang akan saya dapatkan. Padahal tadinya saya berharap bisa menyelesaikan tantangan  zona pertama di Pantai Bentang Petualang ini selama 15 hari tanpa jeda atau paling tidak 10 berturut-turut tapi qadarullaah di pertengahan jalan saya dan keluarga mendadak melakukan safar ke luar daerah.

Perjalanan selama 4 hari itu sekaligus juga menjadi perjalanan saya dalam menyapih si kakak. Ini juga benar-benar di luar dugaan. Saya tadinya masih mau nyantai menikmati proses menyapih Zhaf. Tidak ingin terburu-buru tapi yang terjadi di sana malah sebaliknya.

Ada drama dalam perjalanan tersebut yang membuat saya akhirnya nggak fokus mengerjakan tugas. Dan memang saya orangnya sering kesulitan menulis kalau di luar rumah apalagi dalam perjalanan jadi yah saya terpaksa mengambil libur beberapa hari. 

Hasilnya, saya cuma bisa mengumpulkan 10 tugas dengan jeda dari 15 hari tantangan yang diberikan. Namun tak masalah. Ini baru tantangan awal. Baru masuk zona 1. Masih banyak zona lainnya yang akan saya hadapi. 

Jangan sampai saya cuma panas-panas tahi ayam. Semangat di awal tapi ujung-ujungnya malah kendur. Tidak masalah berjalan perlahan di zona 1 asal sampai di tujuan tepat waktu. 

Lagipula ini bukan perlombaan lari. Siapa cepat dia dapat. Sebab yang terpenting dari aktivitas bermain sambil belajar yang ada di Pulau Bentang Petualang ini adalah KOMITMEN DAN KONSISTEN.

Dan tentu yang lebih penting lagi, apa yang sudah didapatkan di zona 1 tetap diterapkan sekalipun tantangan tersebut sudah berakhir. Apalagi yang namanya komunikasi produktif memang sangat dibutuhkan dalam kehidupan berumah tangga.

Saya menyadari betapa teori Komprod sangat membantu saya dalam berinteraksi dengan suami dan anak-anak. Saya jadi lebih bisa menahan diri, tidak mudah emosi, berkata-kata yang lembut dan lain sebagainya. Ya pokoknya banyak sekali manfaat yang saya dapatkan setelah menerapkan komunikasi produktif dengan keluarga.

Namun kalau tengok tugas-tugas yang sudah saya kerjakan dan lihat bintang-bintang yang saya dapatkan memang masih naik turun sih. Makanya teori komprod ini masih jadi PR besar buat saya. Yah semoga saja saya bisa istiqomah menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari sekalipun tantangannya sendiri sudah usai.

Oke, sekian pantulan warna dari saya. Semoga ke depannya pantulan yang saya dapatkan lebih berwarna. 

Salam,

Siska Dian Wahyunita 

IP Sulawesi

#pantulanwarna
#tantangan15hari 
#zona1komprod 
#pantaibentangpetualang #institutibuprofesional 
#petualangbahagia

Related Posts

Posting Komentar